Aturan Manajemen Waktu

Prinsip Manajemen Waktu

Anda sekarang ini dan anda di masa datang ditentukan oleh antara lain cara anda berpikir dan cara anda menggunakan waktu. Sikap anda terhadap waktu adalah faktor penting dalam segala hal yang anda kerjakan dan anda harus selesaikan.

Prinsip Kejelasan
Semakin jelas tujuan dan sasaran anda, semakin efisien dan efektif anda akan mecapai tujuan tersebut. Kejelasan akan tujuan memegang mungkin sekitar 80% terhadap kesuksesan dan kebahagiaan anda. Orang dengan tujuan yang jelas & tertulis, menyelesaikan pekerjaannya jauh lebih cepat daripada orang yang bahkan tidak bisa membayangkan apa tujuannya.

Prinsip Prioritas
Kemampuan anda untuk menyusun prioritas yang jelas & akurat akan menentukan kualitas hidup anda. Untuk mencapai hal yang istimewa, anda harus berkonsentrasi terhadap sejumlah kecil aktifitas yang dapat memberikan nilai/value terbesar dalam hidup & pekerjaan anda.

Prinsip Meninggalkan
Sebelum anda memulai hal yang baru, anda harus meninggalkan yang lama. Anda akan mampu mempunyai kendali diri ke tingkatan yang lebih baik, jika anda bisa menghentikan mengerjakan hal-hal yang tidak mempunyai nilai/value yang tinggi atau hal-hal yang tidak penting.

Prinsip Aset-yang-paling-Berharga
Salah satu aset anda yang paling berharga adalah kemampuan anda untuk berkerja & mendatangkan penghasilan. Kemampuan anda untuk bekerja & mendatangkan penghasilan merupakan aset yang dapat terdepresiasi, layaknya mobil atau sebuah alat elektronik. Anda harus terus-menerus menjaga dan meningkatkan kemampuan tersebut agar anda bisa menjaga level produktifitas, perfomansi dan hasil yang anda peroleh.

Prinsip Perencanaan
Setiap menit yang anda gunakan menghemat sepuluh menit waktu perencanaan. Tujuan melakukan perencanaan adalah untuk memperbesar hasil yang anda harapkan, dimana anda telah menanamkan modal baik modal mental, emosional maupun fisik.

Prinsip Penghargaan
Penghargaan anda ditentukan oleh hasil yang anda capai. Anda akan dibayar sesuai dengan apa yang anda kerjakan, seberapa baik anda mengerjakannya dan seberapa unik pekerjaan anda. Cara tercepat untuk memperoleh penghasilan lebih banyak dan 'naik kelas' adalah anda harus mencapai hasil yang lebih berkualitas dan lebih banyak untuk bisnis dan diri anda.

Prinsip Urutan
Manajemen waktu memungkinkan anda mempengaruhi urutan kejadian dalam hidup anda. Kehidupan anda sekarang merupakan akumulasi hasil dari kualitas pilihan dan keputusan anda di masa lalu. Jika anda merasa ada yang tidak beres dengan kehidupan anda sekarang, anda mempunyai hak untuk mulai membuat pilihan yang berbeda dan keputusan yang lebih baik.



Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh