Branding Strategist

Branding Strategist

SENIN, 07 FEBRUARI 2011

BAGAIMANA CARA MEMPERLUAS PEMASARAN?


Assalmu alaikum...

Waduh...lama sekali saya nggak 'ngurusin' blog yg satu ini, karena saya lagi sibuk membangun bisnis baru di Surabaya...

Postingan ini pun sebenarnya jawaban saya pada seorang penanya di milis yang saya ikuti. Nah, karena saya rasa relevan dgn blok ini, ya saya posting aja!

Monggo...dibaca...

Ibu bertanya "Bagaimana Caranya Memperluas Pemasaran Produk Saya?"

Pertanyaan ibu Vinni ini jawabnya tidak sederhana, karena untuk membuat marketing plan, dibutuhkan informasi terlebih dahulu sebelum bisa memberi rekomendasi.

Memperluas Pemasaran,apa artinya? Apakah memperluas distribusi? Meningkatkan Sales? Membangun merk yang kuat? Atau apa?!

Banyak orang awam masih belum bisa membedakan antara pemasaran (marketing) dan penjualan (selling).

Dalam dunia marketing, penjualan hanyalah salah satu elemen saja, karena marketing secara luas bertujuan untuk memasarkan suatu brand/merk agar memiliki nilai di mata konsumen. Tentu saja pada akhirnya, semua itu bermuara pada sales/penjualan,namun tujuan pemasaran BUKAN HANYA ITU SAJA. Karena sebuah merk yang telah memiliki nilai, akan bisa dijual tanpa anda harua menjual produk!

Kembali ke judul: apakah maksudknya memperluas jaringan distribusi? Kalau ya, maka kegiatan akan lebih banyak difokuskan pada pemberian insentif distributor dan bantuan pull out melalui iklan/promosi.

Ketika saya menangani produk-produk UNilever, saya banyak terlibat dalam pembuatan tools bagi salesman sebagai ujung tombak pembuka jalan distribusi. Biasanya kami menyediakan sales folder yang merupakan "senjata" bagi sang salesman untuk memasukkan barang mereka ke outlet/toko.

Dalam sales folder tsb.ada distributor promo, advertisement plan dll. yang intinya untuk memberi insentif pada pengecer. Kegiatan ini yang saya sebut sebagai kegiatan pemberian insentif bagi distributor tadi.

Nah, sekarang bagaimana membantu pull out?

Dalam dunia komunikasi pemasaran (marcomm) ada kredo bahwa "permintaan bisa diciptakan". So, ciptakanlah! Konsumen kita adalah konsumen yang gila iklan, sangat mudah dipengaruhi, sangat mudah mencoba hal-hal baru. Manfaatkan hal itu.

Tapi iklan kan mahal..?!

Ya, kalau kita bicara medium TV atau koran nasional. Tapi sudahkan anda pertimbangan iklan radio? Internet? WOM? Semua itu sangat murah bahkan bisa free!

Memperluas pemasaran juga membutuhkan analisa mendalam dari produk/jasa/brand yang akan anda jual...seperti:
analisa kompetitif di bidang harga, kualitas produk, persepsi konsumen, kegiatan pesaing, insentif distributor dll.

Hehe...ribet ya?

Semoga memberi pencerahan

Wassalamu alaikum,

SABTU, 05 JUNI 2010

SEKEDAR BERBAGI KEGEMBIRAAN..


Dilandasi oleh spirit ayat al Qur’an yang berbunyi: Wa amma binikmati robbika fahaddits (dan adapun dengan nikmat tuhanmu, ceritakanlah!)..maka di sini saya hendak menceritakan kenikmatan yang telah diberikanNya pada kami.
Alhamdulillah, sejak saya mendirikan RBC bulan lalu, kini sudah ada 5 UKM yang menjadi client kami. Mereka adalah :
Restoran Saung Bambooina yang sedang go franchise,
X fried chicken yang sedang kami buatkan nama dan logonya serta sedang kami coaching untuk berdiri,
X fashion yang sedang kami rancangkan nama dan strategi pemasaranya,
F Suhanda motivator yang sedang kami bangun personal brandingnya
Jahe merah cap cangkir mas yang sedang bersiap untuk go internasional
Kami sangat bersyukur atas antusiasme dan sambutan baik para calon konglomerat ini (visi kami adalah untuk menjadikan pengusaha UKM memiliki branding yang kuat seperti para konglomerat). Mudah-mudahan misi kami untuk membantu para UKM tumbuh besar bisa terlaksana, amiin.
Karenanya, khusus bagi client UKM, kami menerapkan charging yang sangat murah, bahkan hingga 95% off dari charge yang kami kenakan kepada korporasi!
Namun karena keterbatasan waktu dan tenaga, maka kami hanya akan membatasi diri untuk menerima 30 client saja..
Begitulah kabar gembira dari RBC, mudah-mudahan memberikan aura positif bagi dunia usaha, khususnya para pengusaha kecil, mikro dan menengah... amiiin.

SELASA, 20 APRIL 2010

Kekuatan Branding Bahkan Bisa 'Menipu' Lidah!


Buat anda yang bergerak di bisnis F&B, ini perlu diwaspadai. Bisa jadi berita baik (bagi yang rasa makanan/minuman produksinya biasa-biasa aja).... tapi juga bisa jadi berita buruk (bagi yang yakin betul kalau produksinya is the best).

Akhir-akhir ini sering kita lihat dan dengarkan sebuah iklan TV untuk produk makanan yang mengusung tagline ‘rasa nggak pernah bohong’... hehe, berdasarkan pengalaman saya membuat blind test, saya berani bilang sebaliknya: Rasa pun bisa bohong! Lidah pun bisa ditipu oleh kuatnya image dan persepsi yang dilakukan oleh branding activities.

Begini ceritanya:
Dulu, ketika menangani sebuah brand margarin terkenal, kami melakukan blind test untuk mengukur tingkat rasa yang diinginkan konsumen. Nah, dalam blind test itu ternyata konsumen lebih menyukai rasa margarin yang sama sekali nggak terkenal.. dan kami cukup khawatir atas hal ini. Namun anehnya, ketika kami memberi label pada sample margarin yang mereka cicipi itu, mereka langsung bilang bahwa margarin kamilah yang lebih enak! Haha... hal ini mengingatkan saya pada kasus blind test dua merk minuman bersoda dari Amrik sono..yang hasilnya pun mirip seperti itu.

Lantas, ketika saya mengajar di Ubhara Surabaya, hal ini pun kembali terulang. Saat itu saya menanyakan kepada para mahasiswa, rokok apa yang mereka sukai, dan yang mengaku fanatik pada merk rokok tertentu. Nah, di depan kelas, mata mereka kami tutup, dan seluruh kelas bisa tahu... bahwa lidahnya bisa kita tipu dengan branding...sebab ketika dalam mata tertutup itu dia kami berikan berbagai macam merk rokok, ternyata dia tak bisa mengenali rokok yang katanya dia fanatikin itu!

Nah, sekarang.. bila produk anda kurang enak di lidah...jangan khawatir...branding yang terencana dengan baik, dan dilakukan dengan benar sesuai strategi...akan mampu melambungkan produk anda yang biasa-biasa saja itu menjadi merk favorit yang dipuji sebagai makanan/minuman “paling enak di dunia” oleh konsumen.

Sebaliknya, bagi anda yang saat ini super duper yaqin haqqul yaqin kalau produk anda adalah yang ternenak di dunia ini, waspadalah...! Bisa saja suatu saat produk anda itu akan kehilangan pasar dan dilupakan orang..persis dengan merk margarin yang saya ceritakan di atas: merk tersebut kini nggak pernah kelihatan lagi di pasar, meskipun dalam blind test dia menang...

Itulah kehebatan akibat suatu branding activities...meski terkesan ‘mahal’ dan ‘buang duit’.. sebenarnya dia adalah investasi!

ok, happy branding!

SENIN, 12 APRIL 2010

Bagimana Mempromosikan Retail Business..?




Baru-baru ini saya mendapat kepercayaan dari seorang pemilik rumah makan untuk menangani promosi gerainya dengan tujuan yang ambisisus: meningkatkan penjualanya hingga 2x lipat dari biasanya. Bisakah..?!

Bila anda memiliki toko, resto, distro, warung, hotel, cafe, salon, kios... maka anda sedang bergerak di bidang retail buisness. Nggak peduli seberapa besar ukuraan outlet yang anda miliki. Sebesar Makro, caffefour, atau sekecil konter jualan pulsa hape di pinggir jalan.

Kebetulan saya pernah menangani promosi sebuah dept.store terkemuka selama 2 tahunan.. dan mereka telah memiliki kalender promosi selama 1 tahun penuh....: kapan diadakan jumbo/big sale, kapan diadakan promo untuk fashion collection...kapan diadakan promo untuk home collection...kapan ada event untuk loyal customer.

Apa tujuan pembuatan kalender promosi itu..? Untuk selalu ‘meramaikan’ toko agar sales meningkat terus sepanjang tahun...

Pada dasarnya, retail business promotion bersifat localized, sehingga sangat bergantung penjualanya pada penduduk sekitarnya. Hal ini membuat target marketnya pun bisa sangat spesifik secara demografis..sehingga bisa efisien dalam berpromosi (tentunya bila dilakukan dengan benar dan terarah).

Sumber penghasilan retail business bisa berasal dari front sales maupun back end sales... nah, yang terakhir ini biasanya disebut sebagai loyalty management.

Tentu, tiap jenis retail business punya karakteristik penjualan sendiri, seperti misalnya fashion yang harus selalu berubah mode atau restoran yang harus selalu menciptakan menu of the month just for the sake of promotion.

Jadi, sudahkan anda membuat kalender promosi anda..?

Ingat, konsumen itu orang yang sibuk dengan persoalan mereka sendiri. Maka kita harus mampu menarik perhatian mereka sejenak, agar mau ‘menengok’ ke toko kita... lalu setelah itu kita pun mulai ‘membujuk’ mereka untuk membeli dengan materi POS dan pelayanan yang helpful.

Selamat berjuang!

SELASA, 30 MARET 2010

Campaign yang Terarah Terbukti Bisa Melejitkan Penjualan Hingga Lebih dari 10x lipat!



Kesimpulan ini saya dapat justru ketika menangani brand kecil, sebuah brand jamu lokal Jatim. Mereka pertama kali bertemu saya hanya memiliki budget kampanye 80 jt untuk setahun. Kecil, karena saya biasa menangani brand dengan budget milyaran sebelumnya (Rinso, Axe, Lifebuoy, Gudang Garam dll.).

Setelah saya pelajari dengan seksama, saya usulkan dengan setengah memaksa (kalo bahasa inggrisnya tuh strongly recommended) untuk melakukan education campaign dulu mengingat bentuk jamunya itu kapsul dan pada saat itu (tahun 1998) masih hrus mendobrak pasar. Keadaan pasar masih belum terbiasa dengan modern jamu seperti itu.

Dengan budget yang sedemikian, saya usahakan bisa beriklan di TV selama setahun.

Loh, kok bisaa??!!

Tahun 1998 adalah tahun resesi, di mana banyak perusahaan memotong budget mereka. Rate iklan di TV pun jadi ikut bergoyang. Hampir semua industri panik. Meskipun tak semua menderita, tapi kepanikan ini sampai membuat harga dollar melejit hingga 14 000 rupiah waktu itu. Nah, kami memanfaatkan ini untuk melakukan negosiasi harga dengan stasiun TV.

Singkat kata, akhirnya brand tersebut bisa beriklan setiap hari di TV selama 6 bulan..hanya dengan budget 40 juta saja! Sisa budget kami alokasikan untuk iklan cetak dan materi lain yang semuanya mengusung tema yang sama: edukasi manfaat produk.

Dengan mempertimbangkan budget, brand lifecycle, kondisi ekonomi makro, peta persaingan dan consumer insight, maka kampanye pun berjalan terararh, on budget, dan menampakkan hasilyang nyata.

Setahun telah berlalu... dan di tahun berikutnya client tersebut kembali kepada kami dengan membawa budget promosi sebesr 1M, Wow!! Dari budget 80 jt ke 1M...lebih dari 10x lipat....yang artinya, sales nya pun juga mengalami penggandaan yang serupa...

So, sebelum melakukan suatu kegiatan berpromosi (sekarangsih istilahnya marcomm), pertimbangkan dulu berbagai elemen seperti yang telah saya sebut di atas.. agar campaign berjalan terarah dengan benar..dan mencapaihasil maksimal!

KAMIS, 18 MARET 2010

Penjualan Anda mengalami Stagnasi? Mungkin Karena Brand Lifecycle nya!


Hari libur kemarin lusa (Selasa) saya menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu pengusaha minuman herbal yang sedang tumbuh pesat.. di mana saat itu beliau sedang menggenjot kemampuan produksinya karena permintaan yang membludak. Malah, beberapa agen harus inden untuk memperoleh barang...hebat!

Saya perkirakan, brand minuman herbal tsb. sedang mengalami masa pertumbuhan, sehingga akan terus meningkat hingga sampai ke puncaknya. Entah setahun atau dua tahun lagi tergantung sikon dan effort pemilik brand. Tapi, jangan kaget kalau setelah itu brand tsb akan mengalami stagnasi...lalu kemudian mengalami degradasi! Laah...kok mlah nakut-nakutin siiih?!

Bukan menakuti, tetapi itulah keadaan alami yang akan dihadapi. Itulah yang disebut brand lifecycle. Sama persis seperti manusia, maka brand juga memiliki siklus kehidupan yang menyerupai grafik fungsi sinus.

Lantas, kenapa dong ada brand yang udah berumur puluhn tahun namun tetap eksis dan bahkan menguasai pasar...? Nah, di sinilah bedanya brand dengan manusia!
Kalau manusia udah uzur dan pasti akhirnya mati, maka brand bisa diusahakan sedemikian rupa sehingga ia bisa kembali naik dan mengalami masa-masa jayannya kembali. Usaha ini biasa disebut brand rejuvenation...

Anda mengenal Lifebuoy? Lux? Disney? Cocacola? Itu brand yg sudah puluhan tahun usianya...namun karena keberhasilan mereka dalam meremajakan brand, maka rasanya kok masiiih saja up to date!

So, klau suatu saat brand anda telah mengalami stragnasi, penjualan gitu-gitu aja atau bahkan menurun...mungkin memang sudah saatnya diremajakan!

SABTU, 13 MARET 2010

Membangun Brand itu Seperti Memelihara Seorang Anak..


Kemarin saya ketemu dengan seorang pelaku usaha garmen yang mengaku masih level UKM.. tapi omzet per bulannya sudah mencapai angka 300jt/bl dengan jumlah karyawan 50 orang. Dia masih muda, educated, dan memasuki dunia usaha dengan cara trial & error... mengalami banyak kegagalan sebelum akhirnya mencapai titik keberhsilan pada hari ini.
Dia telah memiliki sebuah brand dengan core yang menurut saya sudah benar, logo yang sesuai dan packaging yang sudah cantik. Tanpa disadarinya, dia telah meletakkan pondasi bagi berkembangnya sebuah brand...
Dia agak terkesima ketika saya jelaskan, bahwa membangun brand itu hampir mirip dengan melahirkan dan memelihara serta membesarkan seorang anak. Gimana mungkin...? Katanya. Lalu saya jelaskan, bahwa bila seorang anak punya nama, kepribadian, image, dan peran dalam kehidupan.. maka demikian pula lah sebuah brand!
Brand yang dibangun dengan benar melalui materi marcomm serta branding yang terintegrasi, dengan strategi yang cerdas dan tepat, maka suatu saat ia pun akan berada di tengah target marketnya dengan memiliki kepribadian yang kuat, positioning yang tepat...dan pada akhirnya mampu bertahan serta memiliki brand value yang tinggi.
Brand yang dibangun dengan baik, akan menjadi asset perusahaan yang nilainya bahkan BISA lebih besar dari nilai perusahaan itu sendiri! Banyak contoh kasus seperti ini, misalnya cocacola dan disney.
Bran yang telah memiliki nilai yang tinggi juga akan bisa di leverage ke anak-anak brand yang berikutnya, dengan sejak awal merencanakan brand architecture nya....
So, tumbuhkanlah brand anda dengan perencanaan yang matang...sebagaimana anda merancang masa depan putra/putri anda...agar kelak ia tumbuh besar, sehat, berkepribadian yang kuat...dan pada giliranya akan memiliki ‘nilai’di mata masyarakat sekitarnya!

My First Website: 9 KUNCI SUKSES DUNIA AKHIRAT

9 KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT
Oleh : Serip Airmas


Pertanyaan mendasar adalah, mengapa Allah memerintahkan kita membacanya setiap Sholat? bahkan, sholaat tidak sah tanpa dibacakan surat Alfatihah... Ini adalah salah satu kemungkinan jawabannya.

Apabila bicara sukses dunia pasti orang berfikir banyak harta, pekerjaan bagus, jodoh yang bagus dan hal-hal penuh kebagusan lainnya dalam hidup kita. Sebagai umat Islam yang setiap lima waktu melakukan sholat, dan dalam sholat itu 17 rakaat dilakukan, semuanya membaca surat Al Fatihah. pertanyaannya sekarang adalah, kenapa kita disuruh membaca surat Al Fatihah setiap rakaat kita sholat?



Percayalah, ini adalah satu-satunya jawabannya. mulai saat ini, ubahlah posisi duduk anda, katakan pada diri anda bahwa anda akan melanjutkan membaca artikel ini sampai habis. katakanlah pada diri anda sendiri bahwa ANDA INGIN BERUBAH DAN ANDA MAU BERUBAH !!!


1. Bismillahirrahmanirrahim
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih Maha Penyayang

Pada ayat pertama ini, Allah memperkenalkan diriNYA, memberitahukan kepada seluruh alam semesta nama resmi dan sifat yang dimilikinya. Kalau pada kitab-kitab sebelum Al Quran terdapat nama YHWH, Elohim, Huwa dan Bapa’, maka dalam kitab yang terakhir ini – Al Qur’an – Allah menegaskan lagi bahwa namanya yang dengannya Tuhan pemilik alam semesta ini ingin di kenal adalah Allah.

Kalau dalam pengetahuan yang primitif orang mengenal Tuhan sebagai sosok yang menyeramkan, berbadan besar dengan mata yang melotot keluar dan taring yang panjang lagi tajam yang harus diberi sajen supaya tidak marah, maka pada ayat pertama ini, Allah memperkenalkan dirinya dengan sifatNYA yang sama sekali jauh dari apa yang mereka kira selama kehidupan primitif itu yaitu Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Hal ini merupakan pernyataan resmi Tuhan semesta alam untuk membantah semua faham dan pengertian tentang Tuhan Pemilik Jagad raya. Jadi dengan ayat ini seolah Allah mengatakan kepada seluruh alam semesta bahwa “ini loh Aku, namaku Allah dan aku Maha Pengasih dan Maha penyayang”.

FILOSOFI AYAT INI ADALAH :
KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT YANG PERTAMA ADALAH MENGENAL ALLAH YANG MAHA PENGASIH DAN MAHA PENYAYANG

Mengenal Allah adalah salah satu kunci sukses, sebab dengan mengenal Allah manusia menjadi tahu dan – mudah-mudahan – akan selalu ingat bahwa walaupun bagaimana dirinya sebagai manusia berusaha, tetapi hasil akhir ada ditangan Allah. Dengan demikian manusia menjadi tidak sombong apabila berhasil karena keberhasilannya adalah hasil campuran antara ikhtiar – usaha –nya dan bantuan dari langit berupa ketentuan. Pun apabila dia gagal, dia tidak perlu menyalahkan dirinya sendiri, karena sadar bahwa kegagalannya bukan karena usahanya kurang bagus, tetapi ada penentu segala penentuan, yaitu Allah.

Mengenal Allah akan membuat manusia berakhlak mulia, karena sadar bahwa Allah maha melihat dan maha mengawasi. Dengan mengenal Allah, manusia akan ingat bahwa dirinya harus terus menerus berbuat kebaikan dan menjadi manfaat buat manusia lain yang nota bene adalah sama-sama hamba Tuhan.

“Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling bertakwa”

Mengenal Allah lebih jauh menjadikan manusia hanya berharap kepadaNya, bukan kepada yang lain. Menggantungkan hidupnya pada Allah, memasrahkan hidup dan seluruh sendi kehidupannya pada peraturan dan agama Allah.

Nabi Muhammad saw selaku rasul pilihan diutus ke dunia ini adalah dengan misi, memperkenalkan Allah yang maha pengasih, maha penyayang kepada seluruh manusia. Ia mengajarkan untuk membaguskan Akhlak, baik akhlak kepada manusia lainnya, akhlak kepada lingkungan dan yang terpenting adalah akhlak kepada Allah. Dengan pengenalan yang baik kepada Allah, manusia telah berusaha mengikuti tauladan rasulullah saw berakhlak mulia kepada Allah.

Mengenal siapa Allah bagi manusia berarti bahwa manusia itu telah menapaki salah satu jalan menuju kesuksesan Dunia dan Akhirat. Itulah yang oleh kalangan sufi dinamakan ‘makrifatullah.’


2. Alhamdulillahirobbil ‘Alamin
Segala Puji Bagi Allah Tuhan semesta alam

Segala Puji hanya untuk Allah, segala bentuk pujian baik pujian atas nikmat dan karunianya berupa kesehatan maupun pujian karena nikmat dan karunianya berupa kehidupan. Pokoknya segala bentuk pujian, baik puji kecil maupun puji besar.
Pada ayat yang ke dua ini Allah menyuruh kita – sebagai makhluk yang berakal – untuk memuji Dia. Kenapa kita harus memuji Dia ? Karena kalau kita lihat lebih dalam dengan perenungan yang bersih kita akan menemukan bahwasanya alam semesta ini, yang berjalan teratur dari hari ke hari, bulan ke tahun bahkan detik ke menit, berjalan dengan sistemnya yang secara scient – ilmu pengetahuan – dapat diterangkan dengan baik tanpa keragu-raguan.

Pertanyaan yang baik dilontarkan pada waktu merenung itu adalah, siapa yang telah menciptakan ini semua ? siapa yang menjalankan sistem ini, yang begitu konsisten dan teratur tanpa ada satupun kesalahan di dalamnya? Dia lah Allah.
Kita harus memujiNYAkarena Dialah yang telah menciptakan diri kita dan alam lingkungan kita. Segala sesuatu selain dia adalah ciptaannya, segala sesuatu selain Dia adalah makhluk, yang diciptakan.

Manusia, Jin, Malaikat, Hewan , Tumbuhan, matahari, bulan, bintang dan planet-planet di tata surya, semuanya adalah makhluk ciptaan Allah. Sampai saat ini belum ada satu orang pun yang mengklaim bahwa seluruh jagad raya ini adalah ciptaannya. Hanya Allah saja yang berani mengatakan bahwasanya Allah yang telah menciptakan Alam semesta ini.

Kalau kita mau merenungkannya, sebenarnya alam semesta yang kita lihat dan rasakan setiap hari ini, tidak berguna buat kita jika kita tidak dihidupkan, diciptakan dengan dilengkapi indera-indera untuk melihat, mendengar, merasa dan lainnya. Coba kita bayangkan, apa jadinya bunga-bunga yang beraneka warna nan indah tanpa mata kita untuk melihat? Apa jadinya suara angin berdesir menerpa dedaunan ditingkahi suara burung-burung berkicau tanpa telinga kita untuk mendengar? Apa jadinya beraneka buah-buahan dan daging hewan yang lezat tanpa lidah kita untuk merasa?
Subhanallah, Maha suci Allah yang telah menciptakan manusia dengan sempurna,

“Sesungguhnya telah kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”

Coba kita renungkan kejadian diri kita. Salah satu contoh adalah pada saaat kita bayi. Waktu bayi kita tidak punya apa-apa, masih lemah. Allah menjadikan kasih sayang pada seorang ibu dan ayah yang bersedia bersusah payah merawat kita. Bayangkan derita yang ditanggung oleh ibu kita saat mengandung kita. Sembilan bulan sepuluh hari, beliau mengandung kita, membawa-bawa kita dalam setiap aktifitasnya. Bayangkan derita dan beban yang dipikulnya. Tapi beliau rela melakukan itu karena sifat kasih sayang yang ditanamkan Allah ke dalam sanubari ibu kita. Maha suci Allah yang telah menciptakan kasih sayang dengan rahmatnya.

Setelah dewasa, kita mulai mengerti. Indera penglihatan dan pendengaran kita menjadi baik. Kita mengenal warna-warni dan kita mendengar banyak sekali suara. Kemudian kita perhatikan cara kerja mata, telinga, kulit, lidah dan otak. Suatu keajaiban, bukan? Sampai saat ini, belum ada manusia yang mampu menciptakan robot yang mempunyai rasa dan perasaan seperti layaknya manusia. Tapi kita? Kita diciptakan dengan sempurna dan itu semua gratis dari Allah sebagai bentuk kasih sayangNya kepada kita.

Pada ayat yang ke dua ini seolah-olah Allah berkata, “Hai manusia, pujilah aku, karena aku telah menciptakan kamu dan lingkungan tempat kamu tinggal.”

FILOSOFI AYAT INI ADALAH :
KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT YANG KE DUA ADALAH MENGENAL DIRI DAN LINGKUNGAN

Mengenal diri berarti memahami diri sendiri. Apa kebaikan kita, bakat yang kita punya, apa yang bisa kita lakukan dengan tubuh dan otak kita. Mengenal diri juga berarti memahami keterbatasan kita, kekurangan kita yang harus kita perbaiki dari hari ke hari. Mengenal diri berarti memahami sejauh mana kredibilitas kita mesti kita bangun untuk menghadapi tantangan kehidupan di depan kita.

Mengenal diri dan lingkungan berarti juga menjaga komunikasi, akhlak dan perilaku kita dimata masyarakat tempat kita hidup. Dalam pengenalan diri ini tercakup beberapa hal yang sangat dibutuhkan kita sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial. Diantaranya adalah kredibilitas, kepercayaan – trust, dan skill – kemampuan – untuk melakukan sesuatu.

Salah satu konsekwensi dari memeluk agama Islam adalah, pertama harus mengakui bahwa Allah swt adalah Tuhan kita yang patut kita sembah, kalau Allah adalah Tuhan kita, maka dengan sendirinya Al Qur’an adalah kitab yang harus kita kuasai.

Yang ke dua sebagai umat Islam kita harus menjadikan Rasulullah, Muhammad saw, sebagai teladan kehidupan kita. Kalau kita baca Al Qur’an, maka kita akan tahu bahwa sejak usia dini Allah telah memberitahukan kepada kita sifat-sifat manusia yang rata-rata manusia memilikinya yaitu sifat menentang, keras kepala dan kufur nikmat. Itu adalah pemberitahuan Allah, bahwa yang namanya manusia itu bukan baru sekarang saja keras kepala, menentang dan kufur nikmat. Tapi sejak zaman Adam sampai nanti kiamat tiba, yang namanya manusia ya, begitu itu. Makanya, kita diharuskan meniru perilaku Rasulullah saw, perilaku yang luhur. Bahkan menurut salah satu istrinya – Aisyah – perilaku Rasulullah adalah sesuai dengan Al Qur’an.

Dan apabila kita mengkaji kehidupan Rasulullah, maka kita akan mendapati bahwa manusia yang paling mengenal dirinya sendiri adalah Rasulullah dan para sahabatnya. Bayangkan prestasi yang mereka capai. Tidak sampai tiga ratus tahun sejak di kumandangkannya azan pertama di kota suci makkah, kekuasaan umat Islam sudah terbentang luas ke barat dan ke timur. Itulah efek dari mengenal diri dan lingkungan, mengenal Allah dan menuruti hukum-hukumnya.

Manusia yang mengenal dirinya tidak akan mudah terombang ambing oleh kejamnya zaman. Dia tidak akan mudah terbawa arus dalam pergaulan. Dan yang terpenting, orang yang mengenal dirinya adalah orang yang tahu batasan-batasan kesanggupan dirinya dan tahu apa-apa saja yang mampu dilakukannya.

“Kenalilah dirimu, niscaya engkau akan mengenal Tuhanmu”

Manusia yang mengenal dirinya adalah manusia yang mau belajar, mau menerima masukan dan mau bersikap toleran. Bukankah kita hidup dibawah langit yang sama, kita berjalan dibawah awan yang sama, jadi buat apa memperbesar perbedaan seolah itu adalah sesuatu yang harus dipertentangkan. Selama nilai-nilai kemanusiaan dijunjung tinggi, maka selama itu pula kita akan hidup tenteram dan damai sebagai bentuk dari kecintaan terhadap kemanusiaan.

“Sesungguhnya kamu diciptakan bersuku-suku berbangsa-bangsa supaya saling mengenal.”

Supaya saling memahami, saling berbagi, saling belajar, saling berusaha menolong dan yang terpenting adalah saling bermanfaat untuk sesama. Bukankah perbedaan itu indah? Bukankah bunga akan semakin indah jika dia beraneka ragam dan berwarna-warni? Bukankah dalam pengertian yang lebih luas terdapat upaya Allah untuk membaurkan suku-suku dan bangsa-bangsa tadi dalam medan bisnis, supaya ada ‘link’, ‘channel’, supaya ada koneksi?

Manusia yang mengenal dirinya dan lingkungannya adalah manusia yang sudah melangkah mendekaati kesuksesan Dunia dan Akhirat.


3. Arrahmaanirrahiim
Maha Pengasih Maha Penyayang

Pada ayat yang ke tiga ini Allah mengulang kembali pernyataan tentang sifat dan namaNya, Maha pengasih dan Maha penyayang. Mengapa dalam tujuh ayat surat Al Fatihah ini Allah lebih mementingkan untuk mengulang kalimat Arrahmaanirrahiim yang sudah dinyatakan di ayat pertama – bismillahirrahmanirrahim ?
Allah ingin menegaskan kepada kita semua sifat kasih sayangNya kepada manusia. Ar Rahman adalah salah satu namaNYA juga yang berarti Maha Pengasih. Tak ada yang lebih kasih dari pada yang Maha Pengasih. Ar Rahim juga sebuah namaNYA yang berarti Maha Penyayang. Dari nama inilah – Ar Rahim – diambil kata silaturrahmi, yang berarti saling berbalas berkasih sayang.

Ada sebagian ulama dalam kitab tafsirnya mengatakan bahwa sifat Allah Ar Rahman – Maha pengasih – ditujukan untuk semua makhluknya di alam semesta ini sedangkan Ar Rahim – Maha Penyayang – hanya di khususkan bagi orang Mukmin di Akhirat nanti. Wallahu a’lam.

Terlepas dari penafsiran itu, tentu kita akan bertanya, Apa buktinya kalau Allah Maha pengasih dan Maha penyayang bagi kita ? Sebagai Pencipta manusia, Allah tidak lantas membiarkan manusia menjalani kehidupan dunia ini tanpa ada bimbingan.
Allah yang memberikan kehidupan ini kepada seluruh makhluk juga memberikan bimbingan – berupa petunjuk – untuk seluruh makhlukNya itu menjalani hidup dan kehidupan ini. Itulah Al Qur’an al karim. Itulah teori untuk menjalani kehidupan supaya seluruh makhluknya sukses mengemban misinya masing-masing di dunia yang penuh liku-liku ini. Seperti anda jika memberli barang elektronik, hanphone misalnya. Tentu anda tidak mau jika anda hanya menerima perangkat kerasnya saja tanpa disertai manual book – buku petunjuk pemakaiannya. Begitu juga dengan manusia, diberikannya Al Qur’an sebagai ‘manual book’ bagi manusia untuk menjalani hidup di dunia ini. Itulah bukti bahwa Allah Maha Pengasih terhadap seluruh makhlukNya.

Tapi Allah tidak hanya Maha Pengasih saja, Dia juga Maha Penyayang sehingga bukan hanya Teori untuk menjalani kehidupan dunia ini saja yang diberikan , tapi juga diberikan bukti secara praktek. Kalau ada orang memberikan teori tentang sesuatu hal kepada orang lain, itu sudah biasa, tapi kalau orang itu memberikan teori disertakan dengan prakteknya, itu baru luar biasa. Itulah yang dilakukan oleh Allah Swt.
Saking sayangnya Allah dengan makhluk yang namanya manusia, diturunkanlah seorang rasul yang menjalani – mempraktekan - semua hal yang tercantum di dalam Al Quran – yang merupakan teori untuk menjalani kehidupan ini – secara murni dan konsekuen.
Dalam ayat ke tiga ini Allah seolah-olah berkata, “inilah bukti bahwa Aku sayang kepada kalian. Aku ciptakan aturan berupa petun juk untuk menjalani kehidupan di dunia ini, aku tidak memberikan teori saja, tapi juga aku berikan contoh hidup. Dia lah rasulku, dalam tempo 23 tahun, dia sudah bisa membangun kerajaan Islam yang terpatri di hati sahabat-sahabatnya yang luasnya dibarat dan ditimur. Jadi Apabila kalian mengikuti petunjuk secara teori dan mengikuti juga petunjuk secara praktek, pasti kamu akan sukses dunia akhirat seperti Rasul kesayanganKU Muhammad saw.”

FILOSOFI AYAT INI ADALAH :
KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT YANG KE TIGA ADALAH MENGETAHUI SARANA DAN PRASARANA UNTUK SUKSES YAITU AL QURAN DAN HADIST

Dalam Alqur’an terdapat pokok-pokok petunjuk untuk sukses. Sedang penjabarannya adalah dalam praktek yang dilakukan Rasulullah saw yang diejawantahkan ke dalam hadist.

Bukankah dalam Islam diajarkan bahwa menuntut ilmu itu ibadah? Bukankah dalam Islam juga diajarkan bahwa senyum itu ibadah? Itulah petunjuk jalan menuju kesuksesan Dunia dan Akhirat.

“Aku tinggalkan dua hal, apabila engkau berpegang kepada keduanya maka engkau akan selamat dunia dan akhirat. Yaitu al Qur’an dan Hadist.”

Tidak ada satu hal pun yang menyangkut kehidupan manusia serta sendi-sendinya yang tidak diterangkan di dalam Al Qur’an dan Hadist. Mulai dari peraturan dan tata cara sholat sampai peraturan dan tata cara buang air, semuanya tersaji lengkap untuk di ikuti, di praktekan sebagai langkah menuju kesuksesan Dunia dan Akhirat.

4. Maalikiyaumiddin
Rajanya hari pembalasan

Pada ayat ke empat ini, Kita seperti di sadarkan. Betapapun lama hidup ini berlangsung, betapapun uniknya kehidupan ini, pasti bermuara pada satu tujuan. Akhirat. Pasti berakhir dengan suatu ketetapan yaitu kematian. Allah menegaskan kepada manusia, Dialah Raja di raja pada hari pembalasan. Berbuat baiklah semaumu, hai manusia, karena engkau pasti akan di balas. Ada hari yang ditunggu-tunggu, hari pembalasan. Allah lah Raja pada hari itu.

Pada ayat ini Allah seperti mengingatkan kita, “Hai manusia, Engkau aku ciptakan dari sulbi perempuan dan mani laki-laki dengan tujuan beribadah kepadaku. Ingatlah Tujuan hidupmu yang utama adalah akhirat. Berapapun lamanya kamu hidup, kamu akan mati juga, dan kalau kamu mati, maka engkau akan dikembalikan kepadaku untuk aku balas segala perbuatanmu di dunia. Jadi beramallah dengan amal yang baik seupaya engkau mendapatkan balasan yang baik pula.”

FILOSOFI AYAT INI ADALAH :
KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT YANG KE EMPAT ADALAH MENGETAHUI TUJUAN PENCIPTAAN

Mengetahui tujuan penciptaan adalah langkah menuju sukses Dunia dan Akhirat. Orang yang mengetahui tujuan penciptaan, maka dia akan berfikir seribu kali jika ingin melakukan perbuatan tercela. Seperti tukang kayu yang sedang membangun rumah, kalau dia mengetahui tujuannya membangun rumah tentu akan dikerjakannya dengan sepenuh hati dan sepenuh kemampuan yang dia punya.

“Tidak Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepadaKU.”
Manusia yang mengetahui tujuan penciptaannya pasti menjalani hidup yang seimbang antara keperluan Dunia dengan keperluan Akhirat, karena bagaimanapun dia berbuat dia mengetahui suatu saat dia akan mati, meninggalkan dunia yang fana ini menuju dunia yang kekal, akhirat.

Allah sebagai khalik menciptakan manusia dengan tujuan menjadi Khalifah di dunia ini. Khalifah adalah wakil Allah, jadi manusia adalah wakil Allah di Bumi ini, kalau di dalam suatu bangsa, maka Khalifahnya adalah Raja, Ratu atau presiden. Di dalam suatu masyarakat propinsi, khalifahnya adalah gubernur, sedang dalam rumah tangga, khalifahnya adalah ayah atau bapak sebagai kepala rumah tangga. Tiap-tiap diri sendiri, adalah Khalifah bagi dirinya sendiri.

“Tiap kamu adalah pemimpin. Dan tiap pemimpin pasti akan di tanya mengenai apa yang dipimpinnya.”

Orang yang mengetahui tujuan penciptaan, pasti tidak akan menyia-nyiakan dirinya dengan menganggur tiada upaya. Karena pengangguran adalah bukti kejumudan – ke apatisan – dan kehidupan ditandai dengan pergerakan. Bergerak berarti hidup sedang diam berarti mati. Kesedihan yang mendalam adalah bagi orang-orang yang mati dalam hidupnya, mati hatinya dari mengenal Allah, mati hatinya dari mengenal diri sendiri, dan mati hatinya dari mengetahui tujuan dia hidup.

Orang yang tidak mengerti tujuan penciptaannya maka dirinya pasti berasa hampa, kosong. Mengerjakan sesuatu tapi hatinya tetap berasa ada yang kurang, berasa sendiri. Kenapa demikian? Sebab dalam hati kita ada yang disebut ruh ilahiah, ialah ruh yang ditiupkan Allah yang selalu menanyakan beberapa pertanyaan dasar seperti apa tujuan hidup kita? Kenapa kita diciptakan? Siapa yang telah menciptakan kita? Pertanyaan-pertanyaan itu membutuhkan jawaban. Dan jawaban yang pasti adalah makanan spiritual untuk menentramkan hati kita. Dialah tunduk dan pasrah terhadap agama Allah, satu-satunya agama yang benar.

Manusia-manusia yang mengetahui tujuan penciptaan pasti menghargai waktu, karena dia tahu waktunya hidup di dunia ini sangat terbatas. Kematian bisa datang tanpa diundang. Dia sadar betul bahwa semua waktunya harus digunakan untuk kemanfaatan baik untuk diri sendiri, untuk keluarga dan untuk orang lain. Manusia yang tahu tujuan penciptaan akan bergerak seolah-olah waktu memburunya karena dia sadar, waktunya sangat terbatas sedang amal ibadahnya masih sangat sedikit.
Jadi, mengetahui tujuan penciptaan adalah salah satu langkah menuju kesuksesan itu sendiri.

5. Iyya kana’budu wa iyya kanasta’in
Hanya kepada Engakaulah kami menyembah dan hanya kepada
Engkaulah kami meminta pertolongan

Pada ayat ke lima ini, Allah memberi tahukan kepada manusia bahwa konsep penyembahan yang di terima di sisiNya adalah konsep Laa ilaha Ilallah Muhammadarrasulullah. Aku menyatakan bahwa Tidak ada Tuhan yang layak disembah kecuali Allah dan aku menyatakan bahwa Muhammad adalah Utusan Allah, hanya utusan, bukan Tuhan yang layak disembah. Hanya manusia biasa yang menjadi utusanNYA. Dia sama seperti rasul-rasul yang lain, hanya saja dia – Muhammad saw – mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki Rasul dan Nabi yang lain. Itulah konsep ibadah yang benar bukan yang lain.
Ibadah adalah segala sesuatu kegiatan yang baik menurut moral dan baik menurut al quran dan dicontohkan oleh Rasulullah yang diniatkan hanya untuk Allah. Ibadah menuntut keikhlasan dari si pelaksananya.

Ibadah dibagi dua, Ritual dan sosial, ada ibadah yang ritual, tapi bila dikaji secara specifik, maka ia juga – ibadah ritual itu – seringkali berupa ibadah yang bersifat sosial. Contohnya sholat, sangat ritual dan individual, tapi kalo dilakukan secara berjamaah di suatu masjid atau mosholla dia akan menjadi ibadah sosial juga.
Ibadah ritual hanya sedikit, sholat, puasa, zikir, Haji, menjaga wudhu. Tapi ibadah sosial bisa banyak sekali jenisnya. Senyum adalah ibadah, menggauli anak dan istri dengan baik, juga ibadah. Menyingkirkan duri dari jalanan orang muslim juga ibadah, memberi kebaikan kepada orang lain berupa makanan atau minuman juga ibadah, bahkan memberi minum kepada anjing yang kehausan juga merupakan ibadah.

Sedangkan konsep tolong menolong adalah konsep barokah. Segala sesuatu kalau tidak ada barokah-nya maka akan terbuang sia-sia. Jika anda mempunyai uang seribu dan dalam waktu dekat menghasilkan lima ribu lalu uang itu terpakai untuk sesuatu yang berguna, itu berarti penghasilan anda ada barokahnya karena digunakan sesuai kebutuhan, tapi kalau uang anda terbuang sia-sia hanya untuk sesuatu yang sebenarnya anda tidak perlu, apalagi kalau anda menyesal karenanya. Itu bisa dikatakan tidak ada barokah – berkah - dari Allah swt.

Allah telah berjanji kepada manusia, “Allah akan menolong seseorang selama orang itu menolong Agama Allah.” Janji Allah tak pernah ingkar hanya saja masalah waktunya tidak bisa dipastikan, karena berkah termasuk sesuatu yang gaib dan segala sesuatu yang gaib tidak bekerja menurut prinsip-prinsip yang realistis, faktual, nyata dan dapat diperhitungkan.

Sebenarnya hal itu mempermudah tugas kita. Yang perlu kita lakukan hanyalah berbuat baik setiap saat. Pasti Allah akan membalas perbuatan baik kita karena itu adalah janjiNYA.

Dalam ayat ini Allah seolah-olah berkata, “Aku menciptakan kamu dengan tugas beribadah dan saling tolong menolong antara sesamamu. Maka beribadahlah kamu dengan cara saling tolong menolong supaya kamu menjadi sesuatu yang besar, supaya kamu beruntung.”

Kalau dipikirkan secara jernih tanpa prasangka, sebenarnya indah sekali konsep tolong menolong yang di perintahkan Allah untuk kita lakukan. Segala kebaikan di ganjar sepuluh kali lipat dan dilipatkan lagi hingga tiga ratus hingga lima ratus tingkatan. Kalau kita melakukan kebaikan yang banyak maka ganjaran dari Allah akan melimpah dan memenuhi ladang pahala amal kita. Jadi perumpamaannya seperti sesuatu yang sedikit dilontarkan kemudian berbalik menjadi banyak dan berkumpul hingga meluap dan luapannya kembali ke tempat kita.

FILOSOFI AYAT INI ADALAH :
KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT YANG KE LIMA ADALAH MENGETAHUI KONSEP IBADAH DAN KONSEP TOLONG MENOLONG

Banyak sekali kaum kafir orientalis, maupun kafir liberalis yang sekuler, berusaha memisahkan antara agama dan kehidupan dunia. Kita sebagai umat Islam menyatakan menolak konsep pemisahan itu. Bagi kita, kehidupan adalah agama itu sendiri, kehidupan dunia adalah ladang untuk beramal menuju kehidupan akhirat. Tidak ada satupun dalam agama yang tidak memberi peraturan bagi kehidupan dunia.

Dalam bisnis moderen misalnya, telah berlaku aturan cara berbisnis yang syari’i. Bahkan Rasulullah adalah contoh pedagang – pebisnis – yang ulung. Terbukti ketika dirinya dijadikan duta dagang oleh sayidah Khadijah, tidak sampai sebulan Rasulullah telah pulang membawa keuntungan yang banyak.

Agama Islam adalah agama yang sempurna mengatur bisnis dan segala sendi kehidupan manusia. Jadi tidak ada pemisahan yang ini urusan agama dan yang itu urusan dunia. Dalam Islam, Agama harus menata kehidupan di dunia dan dunia harus sesuai dengan peraturan agama.

Penyesatan yang dilakukan oleh orientalis dan kaum kafir lainnya yang mengatas namakan dunia bahkan mengatasnamakan HAM telah berurat berakar dalam kehidupan masyarakat dewasa ini. Sehingga ada jargon dalam berpolitik ‘kalau berpolitik tidak usah membawa-bawa agama’. Kalau anda menemui orang yang berkata seperti itu katakanlah, “Kami umat Islam, segala kehidupan kami sudah di atur dalam agama, jadi tidak mungkin kami meninggalkan agama kami seperti anda meninggalkan agama anda dibelakang punggung anda.”

Dalam Islam apapun yang kita lakukan dan di niatkan untuk Allah, itu adalah ibadah. Melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya karena Allah, itu ibadah. Menghindari korupsi sebisa-bisanya karena Allah, itu pun ibadah. Tidak ada yang bernilai tidak ibadah, kecuali hal itu dilakukan bukan untuk Allah, untuk boss misalnya, itu bukan ibadah.

Ibadah seperti diterangkan di atas memiliki dimensi yang luas. Ada ibadah ritual, sholat, puasa, sedekah, haji. Dan ada juga ibadah sosial, yang ini banyak sekali jenisnya dan hampir ada di setiap sendi kehidupan kita.

Senyum kepada orang lain, itu ibadah. Mencegah orang lain berbuat jelek, itu ibadah. Memberi ilmu kepada siapa saja itu ibadah. Semua hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain diniatkan untuk mencari ridho Allah adalah ibadah.
Berbisnis dengan baik, itu juga ibadah. Mencari uang yang halal, itu juga ibadah bahkan hal itu adalah ibadah wajib yang diutamakan, mencari penghasilan yang halal.

“Barangsiapa tidak memperdulikan dari mana dia mendapatkan harta, maka Allah tidak memperdulikan dari pintu mana dia masuk neraka.”

Tolong menolong juga merupakan ibadah. Bahkan ajaibnya kalau ibadah lain dihitung pahalanya berdasarkan ke ikhlasan orang yang melakukan ibadah itu dan di balas nanti di akhirat, tolong menolong beda perhitungannya.

Anda boleh mencoba hal ini sebagai pengujian terhadap konsep tolong menolong ini. Percayalah kalau tolong menolong itu dibalas tunai, langsung di dunia ini. Artinya kita tidak akan mati sebelum perbuatan baik kita menolong orang lain di balas oleh Allah swt. Percayalah. Saya dan berjuta-juta orang mukmin lainnya sudah mencobanya.
“Barangsiapa menolong agama Allah, maka Allah akan menolongnya.”

Memang kalau kita menolong orang lain tidak lantas kita mendapatkan apa yang kita mau saat itu juga, karena tolong menolong adalah sesuatu yang ghaib balasannya tidak bekerja berdasarkan hukum yang pasti dan dapat dihitung waktunya. Tapi barang siapa menolong orang lain, adalah suatu kepastian bahwa dirinya akan di tolong juga oleh Allah, hanya masalah waktunya dan dimananya itu kita tidak bisa memastikan. Tapi pasti Allah menolong kita. Itu adalah janji Allah dan janji Allah tidak pernah ingkar.

6. Ihdinashiraatalmustaqim
Tunjukilah kami jalan yang lurus

Dalam kehidupan dunia ini, yang terpenting adalah diberi petunjuk jalan yang lurus. Itulah cita – cita tertinggi manusia. Diberi jalan yang lurus. Untuk apa banyak uang, harta melimpah, tapi sesat, jauh dari jalan Allah? Untuk apa hidup senang di dunia tapi susah di akhirat? Untuk apa uang melimpah tapi jantung harus di ganti darah sebulan sekali? Diberi petunjuk jalan yang lurus, membuat hidup kita tenang bahagia dunia dan akhirat. Alangkah sesatnya orang yang jauh dari ajaran Allah.
Biasanya hambatan yang utama adalah melawan diri sendiri. Kemalasan merupakan penyakit yang diciptakan oleh diri sendiri. Itu harus dilawan oleh orang yang beriman. Tugas ibadah kita menuntut akhir yang baik maksudnya khusnul khotimah, akhir yang baik. Percuma kalau kita sudah bekerja keras di dunia, tanpa kita sadari tahu-tahu kita termasuk dalam golongan yang mendapatkan akhir yang buruk atau su ul khotimah. Na uzubillah min zalik.

Surga di dapat oleh orang – orang yang mendapatkan petunjuk jalan yang lurus. Oleh karenanya, orang – orang yang mendapat petunjuk sudah dipastikan dalam genggaman kebahagiaan disisi Allah, surga jannatunna’im.

Allah berkata dalam ayat ini, “Ayo kejarlah surgaKU dan ketahuilah cara satu-satunya mendapatkan surgaku adalah mengikuti petunjukku. Petunjuk tidak akan berguna bagi orang yang bodoh, tapi engkau tidak bodoh. Mintalah surga, mintalah petunjuk jalan yang lurus. Karena jika engkau dapat petunjuk, tak ada seorang pun yang mampu menyesatkan engkau. Dan engkau akan beroleh surgaKU.”

FILOSOFI AYAT INI ADALAH :
KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT YANG KE ENAM ADALAH : MEMPUNYAI CITA-CITA TINGGI DAN BERUSAHA MENGGAPAINYA

Banyak filosof ulung yang berkata bahwa hidup dan kehidupan ini menjadi dinamis dan menemukan bentuknya yang sekarang adalah karena orang mempunyai cita-cita yang tinggi.

Karena cita-cita yang tinggi ingin terbanglah Wrigth bersaudara menciptakan pesawat. Karena cita-cita ingin menerangi rumahnya maka Thomas Alfa Edison menciptakan bola lampu. Hidup akan bermakna bagi orang-orang yang mempunyai cita-cita. Dan hidup pantas dijalani hanya bagi orang-orang yang cita-citanya digantungkan setinggi langit. Buat apa diam berpangku tangan tanpa cita-cita, hidup ini hanya sekali dan harus bermanfaat. Kita harus meninggalkan jejak bagi generasi dibelakang kita, sehingga mereka bisa bangga dengan keberadaan kita.

Orang yang tidak mempunyai cita-cita adalah orang yang mati, orang yang menyandarkan hidupnya pada takdir. Dia akan dibawa kemana hidup ini membawanya bukannya dia yang menjadi penentu mau dibawa kemana hidupnya.

Bagi seorang muslim, cita-cita yang tinggi diperlukan. Cita-cita yang paling tinggi adalah mendapatkan kenikmatan surga jannatunnaim. Sedangkan jalannya berbagai cara bisa dilakukan. Dari jadi presiden sampai jadi pengamen kata Rhoma Irama.

“Hai manusia dan jin, jika engkau sanggup menembus langit, maka tembuslah, sesungguhnya menembus langit itu membutuhkan kekuatan yang besar.”

Mempunyai cita-cita yang tinggi akan mendorong orang untuk berbuat sesuai dengan apa yang dicita-citakan, mungkin saja dia mendapatkan kegagalan, tapi kegagalan itu dijadikan awal kesuksesannya. Bisa saja suatu saat ia merasa jenuh, tapi begitu dia mengingat cita-citanya yang tinggi dan membayangkan apa yang bisa dicapainya dengan cita-citanya itu, dia bangkit lagi dengan semangat baru, usaha baru dan cara pandang yang baru.

Tentunya cita-cita yang tinggi memerlukan dukungan dari beberapa disiplin kehidupan, dia memerlukan dukungan ilmu, amal sholih, skill, komunikasi yang baik dan kedisiplinan diri untuk konsisten menyandang cita-citanya.

Cita-cita yang tinggi disertai upaya untuk mencapainya adalah langkah awal untuk beroleh kesuksesan itu sendiri.

7. Shiratallazina an’amta alaihim
Jalan orang-orang yang diberi nikmat

Sebagai orang mukmin, kita tidak saja minta diberi jalan yang lurus, tapi kita lebih spesifik lagi, lebih detail. Kita juga minta selain petunjuk jalan yang lurus juga jalan yang diberi nikmat. Bukan sekedar lurus saja. Tapi diberi nikmat.

Di dalam Al Qur’an penuh dengan cerita atau kisah para nabi dan penentangnya. Para nabi merupakan contah orang – orang yang diberi nikmat, disamping petunjuk jalan yang lurus. Dalam ayat ini Allah mengingatkan kisah-kisah itu. Kalau engkau memperoleh ‘berkah’KU, engkau akan seperti nabi-nabiKU, orang-orang sholihKU, orang-orang yang diberi nikmat.

FILOSOFI AYAT INI ADALAH :
KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT YANG KE TUJUH ADALAH MENGETAHUI BATASAN SUKSES

Apa sih arti kesuksesan itu menurut Islam? Apakah kalau kita banyak uang, banyak mobil, banyak rumah kita sudah dikatakan sukses? Mana yang lebih enak, banyak harta tapi jiwa kita sakit atau miskin tapi jiwa kita sehat?

Dalam Islam, kesuksesan adalah apabila kita sebagai manusia dapat hidup tenteram dengan beramal baik sesuai yang dicontohkan Rasulullah saw, menggantungkan diri kepada Allah, bisa menolong orang lain dengan harta dan jiwa kita dan mendapatkan khusnul khotimah – akhir yang baik – sehingga Allah Ridho kepada kita dan kita dimasukkan kedalam surga. Itulah difinisi kesuksesan menurut Islam.

Islam tidak melarang orang berharta banyak, bahkan dianjurkan sebab ada ibadah yang namanya sedekah dan membayar zakat yang memerlukan harta sebagai sarananya.
Islam juga tidak melarang mempunyai istri lebih dari satu, asalkan dia sanggup berlaku adil antara istri yang satu dan istri yang lainnya.

Islam tidak melarang mempunyai kedudukan yang baik, bahkan di anjurkan karena menjadi Khalifah yang adil ganjarannya tidak lain kecuali surga.

Dalam kehidupan ini ada 2(dua) hal yang perlu diperhatikan :

1. Ridha Allah : bagaimanapun kita hidup, apapun usaha kita, kita harus mempertanyakan kepada diri kita, “Apakah Allah Ridha dengan apa yang kita lakukan?” kalau Allah tidak Ridha dengan apa yang kita lakukan, buat apa kita hidup? Buat apa kita banyak harta tapi harta itu hasil mencuri? Buat apa banyak harta tapi harta itu hasil berjudi? Menang undian? Bukan hasil kerja keras kita? Buat apa?

2. Manfaat untuk diri sendiri dan orang lain : kita juga harus bertanya kepada diri kita, apakah hal yang kita lakukan itu ada manfaatnya? Minimal untuk diri sendiri. Sebab kalau tidak ada manfaatnya, lebih baik tidak usah dikerjakan.

"Hai orang-orang yang beriman, takutlah kepada Allah dan hendaknya setiap diri memperhatikan apa-apa yang diperlukan untuk hari esoknya.”

Bukankah dalam ayat ini mengandung pengertian Perencanaan? Hidup harus terencana, tercita-cita. Ingin hidup seperti apa yang akan kita jalani? Itu terserah kita. Mau masuk surga itu terserah kita. Mau masuk neraka, itu juga terserah kita. Pilihannya ada ditangan kita, dan waktu untuk memilihnya adalah saat ini, saat kita hidup di dunia yang fana ini. Jadi silahkan memilih. Karena hidup adalah pilihan.

Ghairilmagdubi ‘Alaihim Waladdhoollin
Bukannya jalan orang-orang yang di murkai dan bukan jalan orang-orang yang sesat.

Maghdubi, Dimurkai Allah. Kenapa mereka di murkai Allah? Karena mereka mengetahui kebenaran tapi mereka sengaja berpaling dari melakukan kebenaran itu. Allah murka. Seperti orang – orang Yahudi. Mereka dikatakan seperti keledai membawa buku-buku, mereka berilmu, tapi ilmunya tidak membuat dirinya lebih dekat kepada Allah. Allah murka.

Wa La Dholin, dan bukanya orang yang sesat. Orang yang berilmu tentu mengetahui kalau dirinya mengetahui, beda dengan orang yang tidak mengetahui, mereka mencari-cari sesuatu tanpa mengetahui sesuatu itu apa. Mereka bisa dipastikan akan mendapatkan kesesatan. Dalam Islam, orang harus beribadah dengan Ilmu. Dengan pengetahuan orang menjadi tahu dan mengerti apa yang dilakukannya. Tidak asal sembarangan.

Orang – orang nasrani, mereka mengikuti apa yang dikatakan nenek moyang mereka, tanpa menyelidiki kebenarannya, mereka sesat. Kita berlindung dari pada hal yang demikian itu – menjadi sesat dan menyesatkan orang lain. Na uzu billah minzaalik.

FILOSOFI AYAT INI ADALAH :
KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT YANG KE DELAPAN ADALAH MENGETAHUI UNSUR PENGHAMBAT KESUKSESAN YAITU DIMURKAI DAN SESAT.

Orang-orang yang menginginkan kesuksesan harus mengetahui apa saja yang mnghambat dirinya untuk menjadi sukses. Dia harus tahu hal itu untuk menghindarinya. Diantara penghambat kesuksesan itu adalah mempunyai ilmu tapi ilmu itu tidak dipergunakannya. Mereka inilah yang dimurkai Allah.

Mengapa orang yang mempunyai ilmu tapi tidak mau mempergunakannya? Karena sombong. Angkuh dan bangga terhadap pendapatnya sendiri. Orang yang sombong sama saja menuhankan dirinya sendiri. Mereka seperti fir’aun pada zaman nabi Musa As.
Ilmu tiada berguna tanpa amal, ilmu pengetahuan apapun itu tidak ada gunanya jika tidak dipraktekan untuk kemaslahatan umat manusia. Contohnya, dia sudah belajar mengobati dengan baik , tapi ilmu pengobatannya itu tidak dipakainya, justru dia berpegang kepada perdukunan yang belum tentu ada ilmunya, kita bisa melihat sendiri mengapa Allah murka. Buat apa menuntut ilmu tapi tidak dipergunakan sebagai ladang amal?

Di dunia ini ada 4 (empat) jenis manusia :

1. Orang yang tahu kalau dirinya tahu, dialah orang yang berilmu, ikutilah dia dan ambil ilmunya untuk kita amalkan.

2. Orang yang tidak tahu kalau dirinya tahu, dialah orang yang lupa, tugas kita adalah mengingatkan bahwa dirinya bisa lebih bermanfaat jika dia menggunakan ilmunya untuk masyarakat.

3. Orang yang tahu kalau dirinya tidak tahu, ini adalah orang yang mau belajar, bantulah dia untuk mencari ilmu sehingga dirinya bisa berguna bagi dirinya sendiri dan masyarakat tempat dia tinggal.

4. Orang yang tidak tahu kalau dirinya tidak tahu, ini adalah orang bodoh, jangan mengikutinya kalau anda tidak ingin sesat. Orang yang tidak tahu kalau dirinya tidak tahu hanya mengadalkan pemikiran akalnya yang terbatas, pasti dia akan menciptakan khayalan dan illusi supaya orang lain menganggap dirinya benar.

Yang terpenting dalam Islam adalah beribadah dengan ilmu, sebab apabila orang beribadah tanpa ilmu dia akan tertolak ibadahnya. Bagaimana mungkin orang melakukan sholat, tanpa tahu bacaan sholat yang benar? Bagaimana mungkin orang melakukan sholat tanpa tahu apa manfaat sholat untuknya? Begitu juga dengan ibadah-ibadah lainnya.

“Menuntut ilmu adalah wajib hukumnya bagi seorang muslim. Tuntutlah ilmu dari mulai buaian sampai ke liang lahat.”

Hambatan lainnya yang menghalangi kesuksessan adalah malas, jumud – berdiam diri – dan merasa paling benar sendiri. Ke tiga hal ini adalah penghambat yang nyata untuk diri anda meraih kesuksesan. Kalau orang sudah malas, apapun dianggap siksaan buat dirinya. Mau melakukan ini, malas. Mau melakukan itu pun malas. Susah jadi orang malas. Apalagi jumud – berdiam diri – ada hal yang perlu dilakukan, tapi tidak dilakukan karena dirinya memilih diam tidak melkukan apa-apa. Dan yang paling menakutkan adalah merasa diri paling benar. Kalau orang sudah merasa diri paling benar, ilmu apapun, nasihat apapun tidak akan masuk ke dalam jiwanya. Betapa pun kerasnya kita memberi tahu akan suatu hal, dia tetap dengan pendiriannya bahwa dia mengetahui segalanya dan dia benar. Na uzu billahi minzalik.

Majulah orang-orang sukses, dan ketahui hambatan-hambatan untuk meraih sukses. Hambatan paling banyak adalah dari diri sendiri. Insya Allah akan dijelaskan lagi secara terperinci apa-apa saja yang menghambat kesuksesan.

Amin
Kabulkanlah doa kami

Setelah engkau memuji, kemudian dilanjutkan dengan memuji menggunakan namanya, engkau menyatakan bahwa tiada ada Tuhan yang dimintai pertolongan dan disembah selain kepada NYA, engkau lanjutkan dengan permintaan untuk diberi petunjuk jalan orang yang lurus dan diberi nikmat seperti nabi-nabi Allah yang diceritakan al Qur’an al karim. Engkau berharap doa mu itu dikabulkan Allah dengan pengharapan yang pernuh keyakinan, permintaan yang penuh kesungguhan dan penantian yang sangat-sangat merindukan. Engkau hanya bisa pasrah dan berharap kebaikan dari Allah yang mengabulkan doa. Jangan berprasangka macam-macam pada Allah, kalau doa kita belum terkabul. Pasti ada hikmahnya.

FILOSOFINYA ADALAH :
KUNCI SUKSES DUNIA & AKHIRAT YANG KE SEMBILAN ADALAH BERPRASANGKA BAIK KEPADA ALLAH & SELURUH MAKHLUK

Berprasangka baik bukan berarti melepaskan tanggung jawab ikhtiar – usaha – kepada ketentuan Allah. Sebaliknya berprasangka baik adalah terus berusaha hingga terlihat hasil baiknya.

Sabar dan tawakal, bukan berarti diam tak berusaha, sabar adalah berusaha sekuat tenaga dan sekuat kemampuan, kemudian berpasrah tentang hasilnya kepada Allah. Itulah pengertian sabar dan tawakal yang diinginkan di dalam Islam.

“Sesungguhnya Aku mengikuti prasangka hambaKU.”

Kalau usaha sudah kita lakukan, doa sudah kita panjatkan, tugas kita berikutnya adalah berprasangka baik kepada Allah. Mungkin saja kita belum berhasil sebab kalau kita dibiarkan Allah berhasil nanti kita akan menjadi sombong. Kebanyakan manusia tidak kuat jika diuji dengan keberhasilan. Banyak orang yang dulunya sholat dengan tekun tapi begitu diberi keberhasilan sedikit saja, sholatnya ditinggalkan karena sibuk dengan urusannya. Padahal urusannya baru akan berakhir kalau dirinya sudah masuk kedalam liang kubur. Na Uzu Billahi Minzalik.

Jadi saudaraku, marilah kita berangkat menuju kesuksesan, mari kita raih kesuksesan itu dan kesuksesan itu baru dikatakan sebuah kesuksesan jika ia mencakup dunia dan akhirat sekaligus. Islam telah mengajarkan kepada kita tata cara meraih kesuksesan dengan sembilan kuncinya ini. Ayo saudaraku, mari, kita tinggal melakukannya. Kita tidak harus menciptakan lagi apa itu jalan menuju sukses, karena Allah telah memberitrahukan jalan menuju kesuksesan itu kepada kita. Kita wajib membacanya di dalam sholat. Pilihannya terserah kita, apakah kita akan meraih kesuksesan itu – yang telah Allah beritahukan kepada kita jalannya ? atau kita memilih terpuruk di dunia ini – yang berkonsekuensi terpuruk juga di akhirat nanti. Pilihannya ada pada diri kita masing-masing. Jadi mari kita memilih untuk menjadi sukses. Ayo....!!!

Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk diri sendiri dan umat pada umumnya.
Wassalamu alaikum wr. Wb

Serip Airmas
0856 871 0505

7 kunci sukses dunia akhirat « RuMahQu

7 kunci SUKSES dunia akhirat

SUKSES dunia akhirat pasti impian semua orang. bermacam definisi SUKSES dunia akhirat, seperti KAYA masuk SURGA, jadi presiden masuk SURGA, jadi pengusaha masuk SURGA ataupun yang lainnya, yang menggambarkan SUKSES dunia akhirat. yang KAYA, yang punya KEKUASAAN sering dikatakan SUKSES. semua orang pasti ingin SUKSES, terutama SUKSES dunia akhirat. kitapun bisa mendefinisikan SUKSES untuk kita sendiri. dan apapun definisi yang kita dapatkan, itulah sukses untuk kita. SUKSES yang bisa dibuka dengan kunci-kunci unik yang ternyata tidak jauh dari aktivitas keseharian kita.
kita anggap saja SUKSES dunia akhirat itu dapat dibuka dengan 7 kunci, karena ia berada dalam ruang dengan 7 pintu yang terkunci. dan inilah 7 kunci yang dapat membuka pintu-pintu itu:

1. taubatan nasuha
ini kunci yang paling penting dari kunci-kunci yang lainnya. ini kunci pertama yang dapat membuka pintu kesuksesan. dengan taubat, pintu kesuksesan akan terbuka. harga dari sebuah taubat itu tidak terhingga. ALLAH pun tidak pernah bosan untuk menerima hamba-Nya yang datang untuk bertaubat. saat kita datang kepada ALLAH untuk bertaubat, saat itu pula kita diampuni. kita akan bersih kembali, sehingga kita bisa melangkah untuk membuka pintu-pintu kesuksesan yang lain.

2. shalat wajib awal waktu (khusus laki-laki di masjid)
mengapa? karena sholat adalah amalan yang pertama kali dihisab oleh ALLAH. kalau sholatnya baik, maka amalan yang lain baik, kalau sholatnya buruk, maka amalan yang lain buruk. dan sholat awal waktu adalah sebuah kebaikan tersendiri. bukankah kita tidak ingin dianggap lalai jika kita tidak sholat awal waktu? jadi, jangan telat sholat wajib apalagi ga sholat.

3. lakukan shalat sunat qobliyah dan ba’diyah
kita sering mendengar bahwa sholat sunat itu dapat menyempurnakan sholat wajib. ada pula ide yang menyatakan bahwa sholat sunat ini dapat mengangkat sholat wajib agar sampai kepada ALLAH. analoginya seperti seekor burung dengan dua buah sayap. seekor burung tidak dapat terbang tanpa sayap. begitu pula sholat wajib, mungkin tidak akan sampai kalau tidak pake sholat sunat. dan sholat sunat yang dianjurkan adalah shalat sunat rawatib, yaitu qobliyah dan ba’diyah ini.

4. lakukan shalat dhuha
shalat dhuha ini banyak sekali fadilahnya. lakukan saja 2, 4, 6, 8, 10, atau 12 rokaat. kalau bisa minimalnya 4 rokaat dengan 2x salam. sebelum kita melakukan aktivitas keseharian kita, lakukanlah sholat dhuha, insya ALLAH ini pun dapat membuka salah satu pintu kesuksesan.

5. lakukan sholat tahajud dan witir
bangunlah di sebagian atau sepertiga malam yang terakhir untuk melakukan sholat tahajud. pada waktu itu, ALLAH benar-benar turun untuk ‘mengunjungi’ hamba-Nya. jadi, pada saat itu, sambutlah ‘kedatangan’ ALLAH dengan sujud kepada-Nya dalam keadaan bersih, rapi, suci dari kotoran dan najis. tidak ada do’a yang tidak dikabulkan oleh ALLAH, apalagi disaat kita mau berkorban dengan menyerahkan waktu yang terbaik kita untuk ALLAH. disaat enak-enaknya tidur, kita bangun untuk menyambut ALLAH. wah, insya ALLAH, pintu kesuksesan akan langsung terbuka.

6. sedekah yang terbaik
sedekahkan apa yang terbaik yang kita punya. makin baik sedekah kita, makin mudah kita membuka pintu kesuksesan. memang tidak apa-apa kita sedekah dengan sesuatu yang kita sebut dengan ‘sisa’, tapi itu berarti kita tidak memberikan yang terbaik. bukankah ALLAH telah memberikan kita yang terbaik? dan kita pun menginginkan sesuatu yang terbaik? maka, sedekahlah dengan sedekah yang terbaik.

7. berbuatbaiklah dan tinggalkan perbuatan buruk
dengan berbuat baik, hati kita akan bersih. kita tidak memiliki noda sehingga ALLAH akan memudahkan kita untuk meraih kesuksesan yang kita impikan.
itulah 7 kunci SUKSES dunia akhirat. lakukan hal ini minimal 40 hari, rasakan apa yang terjadi pada diri kita. insya ALLAH, kesuksesan dunia akhirat akan kita raih.
PERCAYALAH! BUKTIKAN saja!

Layanan Pelanggan dalam 10 Langkah Sederhana

Layanan Pelanggan dalam 10 Langkah Sederhana

08 Februari 2010 | Dibaca : 4421 kali | 0 Komentar | Kategori: Pelayanan Pelanggan

Jika Anda seperti saya, Anda memiliki banyak pengalaman dengan layanan pelanggan yang buruk. Pikirkan terakhir kali Anda mengalamai kejadian buruk dengan produk atau jasa.

Mungkin produk atau jasa tidak sejalan dengan sales. Mungkin perusahaan tidak merespon telepon atau e-mail. Mungkin mereka tidak melakukan apa yang mereka katakan. Atau mereka mencari-cari alasan ketika Anda melaporkan masalah atau ada pertanyaan.

Jika Anda memikirkan semua pengalaman negatif melebur menjadi satu hal, kurangnya layanan pelanggan. Dan kurangnya layanan pelanggan biasanya bermula dari kurangnya fokus pada pelanggan. Banyak bisnis yang kehilangan pandangan siapa yang mereka layani dalam bisnis.

Alih-alih pepatah lama, "pelanggan selalu benar," saat ini banyak pengusaha yang merasa terganggu dengan pelanggannya. Saya akan katakan rahasia saat di awal sebagai agen iklan. Kami dulu punya pepatah, "bisnis ini akan besar, jika ini bukan untuk klien."

Hal yang bodoh bukan?! Kita tidak ada pekerjaan jika tidak utuk klien. Ya, terkadang klien bisa jadi sulit, tapi mereka adalah alasan kita berbisnis. Tugas kita adalah melayani mereka. Jika mereka kesal, seharusnya kita terbuka untuk mencari tahu alasannya, dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan produk atau jasa.

Ya, terkadang Anda harus menemui seseorang yang tidak tahu apa –apa, dan Anda harus berhubungan dengannya. Tapi seringkali, keluhan klien mengungkap masalah atau sesuatu yang bisa kita tingkatkan.

Jadi selalu dengarkan pelanggan Anda. Berkomitmen untuk memperlakukan pelanggan dengan baik. Setelah itu, memberikan layanan pelangan yang baik adalah salah satu alat marketing terbaik dan termurah yang ada. Jika Anda memperlakukan pelanggan dengan baik, atau lebih baik, diluar harapan mereka, Anda akan dihargai.

Klien yang happy adalah klien yang sama yang akan dengan senang hati mereferensikan pada Anda. Kebalikannya juga benar. Jika Anda klien yang kecewa, atau tidak memberikan apa yang Anda janjikan, atau memperlakukan mereka dengan buruk, mereka akan mengatakan pada setiap orang betapa buruknya Anda. Nyatanya, klien yang kecewa tersebut lebih banyak membicarakan Anda daripada klien yang happy. Sayangnya, seperti itulah biasanya terjadi.

Kabar baiknya adalah, tidak sulit memberikan layanan pelanggan yang baik. Anda hanya perlu menyadari dan membuat prioritas. Berikut adalah 10 tips untuk membantu Anda dalam layanan pelanggan.

1. Mudah diakses.

Pelanggan harus bisa menggandalkan Anda, atau seseorang dalam perusahaan, jika mereka ada pertanyaan atau mereka membutuhkan layanan Anda. Sediakan beberapa cara bagi pelanggan untuk menghubungi Anda, seperti email, telepon, e-mail, atau fax.

2. Merespon tepat waktu.

Buatlah kebijakan untuk menjawab telepon atau e-mail dalam waktu 24 jam. Dan jika Anda tidak bisa berkomitmen dengan hal tersebut, maka tentukan kerangka waktu yang bisa Anda kelola dan biarkan pelanggan tahu mereka bisa mengandalkan Anda untuk menginformasikan pada mereka dalam waktu yang ditentukan.

3. Mendengarkan pelanggan Anda.

Seringkali saat pelanggan menelpon atau menulis keluhan, mereka hanya ingin didengarkan. Nyatanya, terkadang, Anda hanya perlu mendengarkan. Luangkan waktu untuk mendengarkan apa yang dikatakan pelanggan sebelum Anda merespon atau mempertahankan produk atau jasa Anda. Dan mereka akan mengerti.

4. Memperlakukan pelanggan dengan respek.

Meskipun pelanggan yang ada di ujung telepon bertindak tidak rasional, kasar, jangan merendahkan diri Anda pada level mereka dengan melakukan hal yang sama. Perlakukan setiap orang dengan respek dan sebaliknya Anda akan dihormati. Plus, Anda tidak pernah tahu seseorang baru mengalami hari yang buruk, dan Anda terkena imbasnya (kita semua pernah melakukannya).

5. Jangan mendebat pelanggan Anda.

Anda tidak pernah bisa memenangkan argumen dengan pelanggan. Karena, jika Anda menang, Anda seolah mengasingkan pelanggan dan Anda kehilangan bisnis dengan mereka. Kita semua tahu jika pelanggan tidak selalu benar, tapi alih-alih fokus pada apa yang salah dan mempertahankan diri Anda, fokus pada bagaimana Anda bisa memecahkan masalah atau memperbaiki situasi.

6. Hormati komitmen Anda.

Jika Anda katakan Anda akan menjawab e-mail, maka jawablah. Jika Anda menawarkan garansi, maka hormati itu. Tidak ada satu hal yang lebih cepat merusak hubungan dengan pelanggan selain menjanjikan sesuatu dan tidak menepatinya.

Minggu lalu saya mendapatkan e-mail yang baik dari seorang klien yang kemudian menyadarkan saya betapa hal ini. Inilah yang dia tulis:

"Terima kasih banyak atas jawaban Anda yang cepat dan komprehensif. Minat pribadi, perhatian dan antusiasme Anda terlihat jelas. Banyak pemilik usaha yang berjanji merespon dan menjawabnya secara personal, tapi mereka jarang melakukannya..."

Ya, saya memerlukan waktu menjawab e-mailnya. Tapi saya berjanji memberikan email support pada semua klien yang membeli Sistem 10 Langkah Marketing dan karena itu penting untuk menghormati komitmen tersebut. Jika saya sampai pada titik dimana saya tidak lagi bisa merespon karena volume permintaan atau komitmen waktu lainnya, saya akan berhenti menawarkan layanan ini, tidak hanya berhenti merespon.

7. Lakukan apa yang Anda katakan.

Jika Anda bilang akan menghubungi seseorang pada hari Selasa, maka teleponlah pada hari Selasa. Semudah itu. Jika Anda ingin pelanggan percaya dan yakin dengan Anda, Anda harus mengikuti apa yang Anda katakan.

8. Fokus pada hubungan pelanggan, bukan sales.

Keberhasilan bisnis Anda dalam jangka panjang terletak pada kemampuan Anda untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang. Jika Anda mengorbankan hubungan untuk menghasilkan penjualan jangka pendek, bisnis Anda akan berumur pendek.

9. Jujur.

Jangan membesar-besarkan hasil yang diperoleh dari produk atau jasa Anda. Jangan menjanjikan hal-hal yang tidak bisa Anda penuhi untuk menghasilkan penjualan. Saya melihat di banyak web saat ini; segala sesuatunya serba cepat. Ini menjengkelkan orang dalam membeli produk, dan kemudian produk tidak dikirim. Apakah pelanggan akan kembali membeli dari tempat tersebut? Tidak demikan. Berlaku jujur dan terbuka dengan apa yang bisa diberikan produk dan jasa Anda.

10. Mengakui jika membuat kesalahan.

Tidak ada seorangpun yang sempurna. Kita pernah melakukan kesalahan; ini bagian dari belajar. Jadi, ketika Anda membuat kesalahan jangan mencoba menutupi atau mengingkarinya. Akui dan jika perlu, lakukan sesuatu untuk memperbaiki situasi. Pelanggan akan menghargainya dan mereka akan menjadi pelanggan setia.

Jadi, bagimana pengukuran layanan pelanggan Anda? Apakah Anda mempraktekkan 10 langkah ini dan menawarkan layanan pelanggan? Jika tidak, saya tantang Anda untuk meningkatkan servis Anda. Lakukan pendekatan seperti Ken Blanchard dan alih-alih lebih dari sekedar puas dengan pelanggan yang happy, ciptakan "Penggemar".

Komitmen untuk menerapkan 10 tips ini dalam praktek. Kenali pelanggan Anda. Jadikan mereka fokus pada bisnis Anda. Ini salah satu kunci dalam kesuksesan marketing dan yang terbaik, tidak mengeluarkan biaya yang besar!

***

Penulis: Debbie LaChusa. Selama 20 tahun terjun di bidang marketing, Debbie LaChusa menciptakan Sistem 10 langkah marketing untuk membantu profesional independen dan pengusaha kecil agar sukses dalam memasarkan bisnisnya, dirinya, tanpa mengeluarkan biaya yang besar untuk marketing.